SERI KESEHATAN

# INFO KESEHATAN PILIHAN

A. Bagian Tubuh yang Bisa Merasakan Efek Tertawa



Seseorang bisa dikatakan gila jika tertawa tanpa alasan yang jelas. Karena itu jika tidak ingin sakit, segera temukan sesuatu yang lucu sebab tertawa benar-benar memberikan manfaat bagi kesehatan.


Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa tertawa mempengaruhi beberapa fungsi tubuh. Selain menghadirkan perasaan bahagia, tertawa bahkan juga bisa meningkatkan nafsu makan.

Ada beberapa alasan mengapa tertawa baik untuk kesehatan. Seperti dikutip dari Foxnews, Rabu (29/9/2010), ada beberapa bagian tubuh yang bisa merasakan efek tertawa:

1. Menggantikan olahraga
Otot mana yang tidak tegang saat sedang tertawa terbahak-bahak. Hampir semua mulai di bagian wajah, perut bahkan bagian ekstremitas atau ujung seperti tangan dan kaki bisa ikut menegang karenanya.

Kontraksi otot yang terjadi meningkatkan denyut jantung dan laju pernapasan, sebab kebutuhan oksigen untuk pembakaran kalori meningkat. Tentu saja tidak sebanyak olahraga sesungguhnya, sehingga jangan pernah gantikan kebiasaan lari pagi dengan menonton film komedi.

Sudah merupakan hukum alam, tingkat stres yang rendah selalu diikuti dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, tertawa dengan alasan bahagia bisa membantu mencegah infeksi.

Goyangan perut yang terjadi saat tertawa dikabarkan juga bisa mempercepat laju metabolisme, sehingga racun-racun tubuh cepat dikeluarkan. Lagi-lagi hal ini memberikan manfaat lebih bagi kekebalan tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung
Penelitian terbaru di Loma Linda University di California menunjukkan, kebiasaan menonton film komedi setiap hari bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) hingga 26 persen dalam waktu setahun. Peningkatan ini mencegah berbagai risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Hasil yang sama juga diperoleh saat kebiasaan tersebut diujikan pada penderita diabetes. Seperti diketahui, penyakit jantung merupakan salah satu komplikasi paling membahayakan pada diabetes.

3. Meredakan nyeri
Pada penderita nyeri kronis, efek tertawa sebenarnya hanya mengalihkan perhatian dan sama sekali tidak menyembuhkan. Namun dalam sebuah penelitian, tertawa bisa membuat sebagian besar pasien lebih merasa lebih baik dan bersemangat dalam menghadapi penyakitnya.

4. Baik untuk kesehatan jiwa
Pelepasan endorfin meningkat saat seseorang sedang tertawa. Hormon ini bertanggung jawab untuk menghadirkan perasaan nyaman, sehingga ampuh untuk meredakan stres.

Pada penderita depresi, tertawa bisa menyingkirkan perasaan-perasaan negatif yang menekan. Meningkatnya kadar endorfin juga bermanfaat untuk mengatasi kegelisahan saat mengalami depresi.

Sumber

B. Racun Kalajengking Bark Scorpion Bisa Cegah Gagal Jantung



Siapa yang tidak takut dengan hewan satu ini, karena racun di dalam tubuhnya diketahui sangat berbahaya. Tapi peneliti Inggris justru mengungkapkan bahwa racun kalajengking bisa menjadi kunci untuk mencegah kegagalan bypass jantung.

Jika seseorang mengalami gangguan pada jantung, maka perawatan yang diperlukan adalah melakukan operasi bypass. Operasi ini dilakukan untuk meningkatkan aliran darah ke jantung pada orang yang diketahui memiliki penyakit koroner berat sehingga berisiko terkena serangan jantung.

Selama operasi, arteri atau vena sehat yang berasal dari bagian tubuh lain dihubungkan ke arteri koroner yang tersumbat. Rute baru ini akan membawa darah yang kaya oksigen ke otot jantung. Namun operasi ini bisa gagal jika cangkokan pembuluh vena ini tersumbat.

Kini ilmuwan dari University of Leeds telah menemukan bahwa racun margatoxin yang terdapat pada kalajengking kulit kayu (bark scorpion) di Amerika Tengah bisa menjadi solusi. Hasil penelitian yang diterbitkan secara online di Cardiovascular Research menemukan racun tersebut memiliki kekuatan minimal 100 kali lebih kuat dibanding senyawa lain untuk mencegah kegagaln cangkok vena.

"Racun ini bekerja dengan menekan respon alami pembuluh darah terhadap cedera sehingga menjaga pembuluh darah tetap bersih. Efektivitas toksin ini membuat kami terkejut dan hanya dibutuhkan sedikit molekul untuk mendapatkan efeknya,"ujar ketua penelitti Profesor Beech, seperti dikutip dari Dailymail.

Profesor Beech mengungkapkan margatoxin ini kemungkinan bisa diberikan dalam bentuk obat yang ditelan, dihirup ataupun disuntikkan. Tapi bisa juga berpotensi sebagai obat spray ke pembuluh darah itu sendiri sambil menunggu operasi pencangkokan jantung.

Penyakit jantung hingga saat ini masih menjadi salah satu penyakit yang paling ditakutkan, dan operasi bypass yang berjalan sukses bisa bertahan sekitar 10-15 tahun.

Diharapkan dengan ditemukannya margatoxin dari kalajengking kulit kayu ini bisa mengurangi angka kegagalan operasi bypass pada pasien jantung, sehingga bisa meningkatkan harapan hidupnya.

Sumber

C. Perbedaan Otak Pria & Otak Wanita



Michael Guriaan dalam bukunya What Could He Be Thinking? How a Man’s Mind Really Works menjelaskan, perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan terletak pada ukuran bagian-bagian otak, bagaimana bagian itu berhubungan serta cara kerjanya. Perbedaan mendasar antar keduanya adalah:

1. Perbedaan spasial
Pada laki-laki otak cenderung berkembang dan memiliki spasial yang lebih kompleks seperti kemampuan perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi, dan manipulasi benda-benda fisik. Tak heran jika laki-laki suka sekali mengutak-atik kendaraan.

2. Perbedaan verbal
Daerah korteks otak pria lebih banyak tersedot untuk melakukan fungsi-fungsi spasial dan cenderung memberi porsi sedikit pada daerah korteksnya untuk memproduksi dan menggunakan kata-kata. Kumpulan saraf yang menghubungkan otak kiri-kanan atau corpus collosum otak laki-laki lebih kecil seperempat ketimbang otak perempuan.

Bila otak pria hanya menggunakan belahan otak kanan, otak perempuan bisa memaksimalkan keduanya. Itulah mengapa perempuan lebih banyak bicara ketimbang pria. Dalam sebuah penelitian disebutkan, perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata per hari, sementara pria hanya 7.000 kata!

Termasuk perempuan bisa memaksimalkan multi tasking-nya, menggendong si kecil, sembari memasak dan menyaksikan sinetron favorit di televisi. Sementara kaum pria, jangan heran kalau mereka tidak mendengarkan panggilan anda ketika tengah menyimak pertandingan bola dari klub favorit atau tengah menyaksikan film kesayangan di televisi.

3. Perbedaan bahan kimia
Otak perempuan lebih banyak mengandung serotonin yang membuatnya bersikap tenang. Tak aneh jika wanita lebih kalem ketika menanggapi ancaman yang melibatkan fisik, sedangkan laki-laki lebih cepat naik pitam. Selain itu, otak perempuan juga memiliki oksitosin, yaitu zat yang mengikat manusia dengan manusia lain atau dengan benda lebih banyak. Dua hal ini mempengaruhi kecenderungan biologis otak pria untuk tidak bertindak lebih dahulu ketimbang bicara. Ini berbeda dengan perempuan.

4. Memori lebih kecil
Pusat memori (hippocampus) pada otak perempuan lebih besar ketimbang pada otak pria. Ini bisa menjawab pertanyaan kenapa bila laki-laki mudah lupa, sementara wanita bisa mengingat segala detail.

Sumber

D. Kenapa Orang Tuli Bisa Lebih Hebat Dari Orang Normal?

Peneliti University of Western Ontario yang dipimpin oleh Stephen Lomber dari Centre for Brain and Mind menemukan adanya hubungan kasual antara peningkatan penglihatan dengan pengaturan ulang otak yang mengatur input auditory.

Menggunakan kucing tuli sejak lahir dan kucing normal, Lomber bersama tim menunjukkan hanya ada dua kemampuan spesifik visual yang meningkat pada orang tuli, lokalisasi visual pada sekeliling dan deteksi gerakan visual.



Selain itu mereka juga menemukan bagian korteks auditory yang biasanya peka terhadap suara sekeliling meningkatkan penglihatan. Hal ini membuat peneliti menyimpulkan fungsi masih tetap sama, namun ada perubahan dari auditory menjadi visual.

“Otak sangat efisien, tidak akan ada ruang disia-siakan,” kata Lomber.

“Otak ingin mengompensasi indera yang hilang dengan meningkatkan indera lainnya. Contohnya, orang tuli akan memiliki penglihatan super,” tambahnya.

Sumber


E. Mengenal Penyakit Buta Warna dan Jenis-jenisnya




Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu akibat faktor genetis. Buta warna juga disebabkan karena faktor genetis dari orang tua yang salah satu atau mungkin keduanya menderita buta warna juga.

APAKAH WARNA YANG DILIHAT HANYA HITAM PUTIH SAJA?

Kebanyakan orang pasti berpikir bahwa "Dunia" penderita Buta Warna itu hanya ada dua warna membosankan, yaitu hitam dah putih. Namun ternyata salah besar, karena ternyata penderita Buta warna berbeda jenisnya.

Ada juga kok penderita buta warna yang bisa melihat warna diluar hitam putih. Untuk tahu lebih lanjut simak pembahasan di bawah ini.
JENIS BUTA WARNA
1. Trikromasi

Yaitu mata mengalami perubahan tingkat sensitivitas warna dari satu atau lebih sel kerucut pada retina. Jenis buta warna inilah yang sering dialami olehorang-orang.
Ada tiga klasifikasi turunan pada trikomasi :
1.Protanomali, seorang buta warna lemah mengenal merah
2.Deuteromali, warna hijau akan sulit dikenali oleh penderita
3.Trinomali (low blue), kondisi di mana warna biru sulit dikenali penderita.

2. Dikromasi
Yaitu keadaan ketika satu dari tiga sel kerucut tidak ada.
Ada tiga klasifikasi turunan :
1.Protanopia, sel kerucut warna merah tidak ada sehingga tingkat kecerahan warna merah atau perpaduannya kurang
2.Deuteranopia, retina tidak memiliki sel kerucut yang peka terhadap warna hijau
3.Tritanopia, sel kerucut warna biru tidak ditemukan.

3. Monokromasi
Monokromasi sebenarnya sering dianggap sebagai buta warna oleh orangumum. Kondisi ini ditandai dengan retina mata mengalami kerusakan total dalam merespon warna. Hanya warna hitam dan putih yang mampu diterima retina.
PENYEBAB BUTA WARNA
Buta warna adalah kondisi yang diturunkan secara genetik. Dibawa oleh kromosom X pada perempuan, buta warna diturunkan kepada anak-anaknya. Ketika seseorang mengalami buta warna, mata mereka tidak mampu menghasilkan keseluruhan pigmen yang dibutuhkan untuk mata berfungsi dengan normal.
FAKTA TENTANG BUTA WARNA
1. Buta warna lebih sering terjadi pada seseorang berjenis kelamin lelaki dibandingkan perempuan. Sebanyak 99% seorang buta warna tidak mampu membedakan antara warna hijau dan merah. Juga ditemukan kasus penderita yang tak bisa mengenali perbedaan antara warna merah dan hijau.
2. Cacat mata ini merupakan kelainan genetik yang diturunkan oleh ayah atau ibu.
3. Belum dapat dipastikan berkaitan jumlah penderita, akan tetapi sebuah penelitian menyebutkan sebesar 8 -12% lelaki Eropa adalah pengidap buta warna. Sementara persentase perempuan Eropa yang buta warna adalah 0,5 -1%. Tingkat buta warna di benua lain tentu bervariasi.
4. Tidak ada cara untuk mengobati buta warna, karena ia bukan penyakit melainkan cacat mata. Bisa jadi seorang buta warna akan merasa tersiksa dengan keadaan ini. Sebagian perusahaan menetapkan syarat bahwa pekerjanya harus tidak buta warna.
5. Untuk mengetahui apakah seseorang menderita buta warna, dilakukan tes dengan menggunakan plat bernama Ishihara.
6. Banteng ternyata buta warna. Kesan yang ditimbulkan warna merah mengakibatkan binatang tersebut melonjak emosinya, bukan akibat warna merah itu sendiri.
7. Pada Perang Dunia II, serdadu yang buta warna dikirim untuk melakukan misi tertentu. Ketidakmampuan mereka untuk melihat warna hijau dialihfungsikan untuk mendeteksi adanya kamuflase yang dilakukan pihak lawan.
8. Setiap orang yang buta warna,sudah terlahir dengan buta warna (dari umur 0 tahun sudah buta warna).
9. Penyandang buta warna selalu dihantui oleh pertanyaan “Warna apakah ini?”
APAKAH ANDA BUTA WARNA? IKUTI TEST DI BAWAH INI :
Soal 1

Carilah sebuah kotak, lingkaran dan bintang pada kartu dibawah ini :



Soal 2
Dalam tiga detik, temukan sebuah lingkaran, persegi atau sebuah bintang dari gambar berikut.

alt=""id="BLOGGER_PHOTO_ID_5557843389912139314" />

Soal 3
Perhatikan baik-baik gambar di bawah ini.



Lalu coba cari gambar salah satu benda yang ada di gambar atas pada gambar yang ada dibawahnya.



Ini Jawabannya :
Jawaban 1 : Semua orang dapat melihat gambar persegi, bintang dan lingkaran.Jawaban 2 : Orang dengan buta warna hanya bisa melihat gambar persegi.Jawaban 3 : Orang dengan buta warna tidak akan melihat gambar apa-apa.

Sumber

F. Bahaya Kecanduan Pornografi pada Pria



VIVAnews – Selama ini sebagian pria menganggap kebiasaan menonton film porno merupakan hal wajar. Bahkan, tidak sedikit juga pria yang menganggap dengan menyaksikan film ini akan makin menambah referensi gaya bercinta.
Tapi, tunggu dulu. Menurut sebuah survei, pria yang kecanduan menonton adegan film porno bisa memunculkan dampak negatif, khususnya kepada pasangan, seperti dikutip dari Timesofindia.
Dampak yang muncul, antara lain, sebagian pria bisa memonopoli hubungan seksual. Pria bisa menganggap pasangannya pasti siap memenuhi semua keinginannya bercinta, seperti yang sering dia tonton dalam film porno. Pria yang sudah kecanduan menonton film erotis atau mengakses situs porno bisa menjadi kesal dan marah meledak-ledak ketika pasangan menolak untuk berperilaku layaknya bintang porno favoritnya.
Dampak negatif lainnya, pria yang ketagihan menonton film porno, dapat merasa sangat kecewa dengan kemampuannya seksual mereka sendiri. Mereka cenderung membandingkan performa seksualnya dengan aktor film porno yang punya kemampuan bercintanya hebat.
Tipe pria ini bisa merasa sangat tidak percaya diri saat bercinta dengan pasangan. Mereka bisa merasa seperti pecundang seksual dan selalu khawatir bila tidak mampu memuaskan pasangan.
Sebagian pria menganggap wanita selalu siap bercinta. Dalam film porno wanita sering menjadi objek dan bisa bercinta kapan saja. Hal itu bisa membuat pria yang kecanduan pornografi beranggapan, wanita bisa siap kapan saja untuk diajak bercinta. Padahal kenyataannya, wanita sangat dipengaruhi mood dan perasaan saat ingin bercinta. (pet)

http://id.news.yahoo.com/viva/20101018/tls-bahaya-kecanduan-pornografi-pada-pri-34dae5e.html, 19 oktober 2010


G. Lelah Berkepanjangan? Awas Sindrom Fibromialgia


KAMU merasakan kelelahan yang berkepanjangan? Atau, sudah cukup istirahat tetapi tetap merasa kelelahan? Berhati-hatilah, mungkin itu karena kamu menderita Fibromialgia Syndrome (FMS). Pada umumnya, kebanyakan pasien fibromialgia ini mengeluh seluruh badannya sakit dan merasakan otot-ototnya seperti ditarik-tarik.
“Otot-ototnya seolah-olah bekerja berat, terkadang rasanya seperti terbakar, terutama di tengkuk, punggung, bahu dan panggul,” kata konsultan neurologi FKUI, Prof Dr Bob Santoso Wibowo Sps (K) dalam simposium ilmiah bertajuk
“A Clinically Proven Breakthrough to Regain & Overcome Chronic Fatique and Fibromyalgia” baru-baru ini.
Lebih lanjut dikatakannya, penyakit fibromialgia lebih sering diderita wanita dari pada pria. “Penyakit ini dapat terjadi pada semua usia. Tetapi kebanyakan pasien fibromialgia syndrome adalah wanita,” kata Bob.
Penyakit ini, lanjut Bob, merupakan suatu gangguan yang sering dijumpai dan mengganggu kehidupan sehari-hari. Penderita sindrom ini mencapai sekitar 2-4 persen dari populasi.
Adapun ciri-ciri pasien penderita fibromialgia ini, diantaranya tidak tampak sakit kronis walaupun bisa kelihatan lelah. Keluhan utama biasanya merasakan sakit semua di seluruh tubuh lebih dari tiga bulan, kualitas nyerinya konstan dan terasa seperti kebakar, nyeri, dan sakit-sakitan.
“Biasanya merasa memar semua, walaupun tidak ada tanda-tanda secara fisik. Nyerinya konstan namun lokasi berpindah-pindah dan intensitas berbeda-beda,” imbuhnya.
Pengobatan pada pasien fibromialgia bisa melalui pengobatan meminum obat-obatan (medikamentosa). Maka kebanyakan pasien juga memerlukan metode pengobatan yang lain, seperti fisioterapi, akupresur, relaksasi dan pijat.(rie/jpnn/gem)

http://xpresiriau.com/teknologi/lelah-berkepanjangan-awas-sindrom-fibromialgia/, 25 Oktober 2009

H. Studi Baru tentang Hubungan Ponsel dan Kanker

SEJAK penggunaan ponsel kian marak, studi dan pembahasan tentang keterhubungan ponsel dengan penyakit kanker dan tumor pun semakin berkembang dan terus diperdebatkan.
Hasil studi terbaru yang dilakukan Dr Seung-Kwon Myung dari South Korea’s National Cancer Center menemukan adanya berbagai perbedaan dalam hubungan antara penggunaan ponsel dengan risiko terkena tumor.
Myung beserta timnya menguji 23 hasil studi tentang penggunaan ponsel yang melibatkan lebih dari 37.000 orang yang disebut sebagai meta-analysis.
Reuters melansir, berdasarkan data International Telecomunication Union yang dirilis PBB, penggunaan ponsel dan perangkat mobile lainnya telah membludak dalam 10 tahun terakhir dengan perki-raan ada sekira 4,6 miliar pengguna ponsel di seluruh dunia.
Berkembangnya jumlah pengguna ponsel diikuti pula dengan bertumbuhnya jumlah studi yang menganalisa hu-bungan antara penggunaan ponsel dengan penyakit kanker.
Bahkan sebuah penelitian terbaru di AS menunjukkan bahwa radiasi dari sinyal ponsel juga berakibat pada berku-rangnya kualitas sperma seorang pria hingga 40 persen. Saat pengguna mengaktifkan ponsel, saat itu juga ponsel akan menghantar gelombang radio, dimana pada saat itu gelombang radio akan terserap oleh tubuh dan dapat mempengaruhi kesehatan kita.
Hal-hal seperti ini memang masih diperdebatkan kebenarannya. Namun hasil studi yang dilakukan Myung dan timnya menyebutkan bahwa dari 23 studi yang mereka teliti menyebutkan, penyakit tumor dan kanker lainnya memang sering ditemukan pada mereka yang menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang cukup lama.
Namun delapan di antaranya me-nyebutkan bahwa risiko tumor dan penyakit lain akibat penggunaan ponsel tidak berdampak signifikan pada para penggunanya dalam memicu risiko tumor, kanker dan penyakit la-innya.(net/gem)

http://xpresiriau.com/teknologi/studi-baru-tentang-hubungan-ponsel-dan-kanker/ , 18 Oktober 2009

I. Kolesterol Diperlukan untuk Perkembangan Otak

TIDAK selamanya kolesterol momok yang menakutkan. Ternyata, kolesterol diperlukan untuk pembentukan sel otak. Demikian kesimpulan penelitian yang dilakukan Karolinska Institute, Swedish Medical University, seperti dilaporkan Xinhua. Profesor Ernest Arenas, yang memimpin studi tersebut, mengatakan percobaan pada tikus memperlihatkan pembentukan syaraf penghasil dopamine selama pertumbuhan otak bergantung atas aktifnya reseptor khusus di otak oleh satu bentuk oksidasi kolesterol yang disebut oxysterol.
“Oxysterol memberi sumbangan bagi perkembangan sel penghasil dopamine secara lebih aman dan lebih baik, yang merupakan kemajuan sangat besar karena itu meningkatkan kemampuan perkem-bangan perawatan baru penyakit parkinson,” kata Arenas baru-baru ini.
Sel syaraf penghasil dopamine memainkan peran penting da-lam banyak proses dan fungsi otak, dari ketrampilan gerak sampai kepada sistem ganjaran dan ketergantuan. “Semua itu juga adalah jenis sel yang mati pada penyakit Parkinson,” ujar Arenas.
Suatu hari, sel itu diharapkan akan memungkinkan penggantian sel yang mati di otak pada pasien Parkinson dengan pencangkokan sel penghasil otak dopamine yang dikembangkan. Sel seperti itu juga dapat dimanfaatkan untuk uji coba obat baru Parkinson. Hasil studi itu telah diterbitkan di dalam jurnal Cell Stem Cell.(int/gem)

http://xpresiriau.com/teknologi/kolesterol-diperlukan-untuk-perkembangan-otak/, 4 Oktober 2009

J. Menghindari Gigitan Nyamuk

Jika Anda termasuk salah seorang yang selama ini suka digigit nyamuk, ada kemungkinan Anda termasuk orang yang kurang atau jarang stres. Lho, apa hubungannya? Itulah yang kini masih dipelajari sejumlah tim peneliti di Inggris seperti ditulis di kolom kesehatan Wall Street Journal. Bisa jadi memang ada hubungannya antara ‘tendensi’ nyamuk dan level stres manusia.
Di dunia keilmuan, serangga memang sudah cukup lama dikenal memiliki kemampuan luar biasa dalam mengenai bau-bauan, yang pada akhirnya berhubungan dengan calon mangsa mereka. Nyamuk pun tak terkecuali punya kemampuan yang sama. Namun begitu, penelitian terhadap apa yang bisa menarik atau menolak nyamuk, dengan mengamati 300-400 bahan kimia tertentu yang diproduksi tubuh manusia, jelas sama sekali tidak mudah.
Untunglah, sekelompok peneliti dari Rothamsted Research di Inggris, baru-baru ini bisa jadi sudah menemukan sedikit petunjuk ke arah itu. Tepatnya, mereka menemukan kemungkinan penyebab kenapa di antara manusia yang menjadi mangsa nyamuk, selama ini ada orang-orang yang rajin digigiti dan ada pula yang justru tidak atau jarang. Petunjuk itu ada pada sejumlah zat kimia tertentu yang tampaknya berlebihan dikeluarkan oleh kelompok orang yang ‘tak disukai’ nyamuk tersebut ketimbang pada orang yang ‘laris-manis’ sebagai mangsa.
Zat kimia dimaksud, lebih jauh disebutkan berhubungan dengan level situasi mental atau pikiran seseorang, atau yang bisa disimpulkan sebagai suasana stres. Hanya, belum bisa dipastikan mana saja zat kimia yang tepat dalam hal ini. Namun jika sudah ditemukan, itu akan bisa diolah jadi zat penolak paling ampuh dibanding ramuan yang ada sekarang, yang rata-rata dilaporkan mengandung zat kimia DEET yang disebut-sebut berisiko menimbulkan kanker.
“Nyamuk terbang mengikuti ‘jaringan’ bahan-bahan kimia di udara, dan terutama akan tertarik pada zat tertentu yang mempertemukan mereka dengan manusia. Namun ketika kombinasi zat kimia yang dikeluarkan seorang manusia ‘tercium’ berbeda atau salah, si nyamuk pun akan gagal mengenali calon mangsanya,” ungkap Dr James Logan, salah seorang peneliti di Rothamsted.
Penelitian terhadap bau-bauan dari tubuh manusia yang bisa dikenali nyamuk ini, serta kenapa sebagian orang rentan digigit sementara sebagian lainnya tidak, sebenarnya sudah berjalan cukup lama. Setidaknya tercatat sejak era 1990-an, di mana ahli kimia Ulrich Bernier, yang kini bekerja di Departemen Pertanian AS, memulai pencarian terhadap apa yang disebutnya sebagai “zat ajaib” manusia yang menjadi daya tarik bagi nyamuk-nyamuk itu. Salah satu zat dimaksud contohnya adalah karbon dioksida, yang dikeluarkan lewat kulit dan hembusan nafas, serta asam laktik yang banyak muncul di kulit terutama saat beraktivitas fisik berat seperti olahraga.(ito/jpnn/gem)

http://xpresiriau.com/teknologi/menghindari-gigitan-nyamuk/ , 13 September 2009

K. Coklat Kurangi Risiko Kematian

Coklat bisa menurunkan risiko kematian bagi pasien yang pernah mengalami serangan jantung. Mereka yang mengonsumsi coklat bisa mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung sebanyak dua hingga tiga kali per mingggunya, dibandingkan mereka yang tidak pernah mengonsumsi coklat.
Dalam riset sebelumnya, memang sudah pernah ada bukti bahwa ada hubungan erat antara makanan berbahan kakao dengan tekanan darah lebih rendah atau peningkatan aliran darah.
Namun studi yang diadakan Kenneth Mukammal dari Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston yang kali pertama mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi coklat bisa menjauhkan risiko kematian bagi mereka yang pernah terkena serangan jantung.
“Menurut hasil temuan kami, antioksidan dalam coklat merupakan jawaban atas hal ini,” kata Mukammal, seperti dikutip dari AFP.
“Antioksidan merupakan senyawa yang bisa membantu melawan radikal bebas,” tambahnya.
Menurut Mukammal, radikal bebas merupakan molekul yang terakumulasi dalam tubuh dan bisa merusak sel. Radikal bebas ini pun berperan dalam terjadinya serangan jantung, kanker, dan proses penuaan.
Dalam studi ini, Mukammal dan timnya melibatkan sebanyak 1.169 pasien wanita dan pria berusia 45 hingga 75 tahun. Mereka kemudian mengawasi riwayat kesehatan pasien dari tahun 1990 dan mencatat ketika saat pertamakali mereka mendapat serangan jantung.
Peneliti pun mencatat kebiasaan mengonsumsi coklat yang dilakukan para pasien. Hasilnya, seperti yang telah diduga sebelumnya, mereka yang mengonsumsi coklat nampak lebih sehat dan memiliki umur lebih panjang dibandingkan mereka yang tidak makan coklat sama sekali.
Beberapa faktor lain seperti kebiasaan berolahraga, merokok, minum alkohol dan kegemukan juga turut berperan dalam penelitian ini.(int/gem)

http://xpresiriau.com/teknologi/coklat-kurangi-risiko-kematian , 16 Agustus 2009


L. Penelitian: Inteligensi Emosional Merupakan Kunci Performa Kerja


New York (ANTARA/Reuters) - Mengukur inteligensi emosional (emotional intelligence) para pekerja, mulai dari kemampuan membaca bahasa tubuh hingga mengendalikan frustasi, berpotensi bagus untuk bisnis, menurut penelitian baru.
Para peneliti dari Universitas Virginia Commonwealth (VCU) mengusulkan bahwa pengukuran inteligensi emosional dapat menjadi indikator kecakapan pegawai dalam melakukan pekerjaannya.
"Inteligensi emosional merupakan kemampuan untuk membaca emosi diri sendiri dan orang lain. Sebagai contoh, itu merupakan kesadaran terhadap bahasa tubuh. Itu juga merupakan kemampuan untuk mengendalikan dan menangani frustasi dan berbagai emosi lainnya," kata Ronald Humphrey, seorang profesor ilmu manajemen yang melaksanakan penelitian tersebut.
"Penelitian itu menjadi bukti ilmiah supaya mendukung ide tersebut dengan memberikan perhatian pada suasana hati dan emosi yang baik untuk bisnis," tambahnya.
Para peneliti membandingkan riset terdahulu selama 10 tahun mengenai peran inteligensi emosional.
Humphrey mengatakan pengukuran inteligensi emosional para pegawai bisa menjadi sangat bermanfaat supaya memprediksi kemampuan bekerja baik dengan orang lainnya, dan juga kepemimpinan pekerja.
Penelitian tersebut menganalisa inteligensi emosional dalam tiga cara.
Pertama, dikenal sebagai tes berbasis kemampuan, menggunakan pengujian pilihan ganda untuk mengevaluasi kesadaran emosionalnya.
Penelitian kedua menggunakan pengujian situasional, yang partisipan diberikan situasi sosial dan diminta untuk memilih perasaan yang paling tepat untuk diterapkan.
Pengujian ketiga, disebut sebagai pengujian kompetensi emosional model campur, merupakan definisi yang lebih luas dari kedua tes lainnya dan juga menimbang faktor seperti empati pada orang lain.
Humphrey menambahakan bahwa inteligensi emosional merupakan faktor kedua terpenting dalam performa kerja, setelah inteligensi kognitif.
"Itu merupakan faktor yang menentukan manajemen dan kepemimpinan. Penelitian tersebut mengusulkan bahwa suatu budaya yang nilai inteligensi emosional dan memahami perasaan merupakan penting. Orang dapat memimpin dengan inteligensi emosional dan memiliki tim yang kompeten secara emosional," tambah Murphy.

Antara - Kamis, 28 Oktober

M. Golongan Darah O, Lebih Sulit Hamil?



REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Golongan darah diduga turut berpengaruh terhadap kehamilan. Para ilmuwan melaporkan, untuk pertama kalinya ditemukan bukti bahwa golongan darah mempengaruhi peluang seseorang untuk hamil.
Dari penelitian ini terungkap bahwa wanita dengan golongan darah O lebih sulit hamil karena jumlah telur yang lebih sedikit dan kualitas telur yang lebih rendah.
Temuan ini didasarkan pada penelitian terhadap lebih dari 500 wanita yang menjalani terapi kesuburan di Amerika Serikat (AS). Sedangkan wanita dengan golongan darah A cenderung memiliki jumlah telur yang lebih banyak.
"Kami menemukan bahwa wanita dengan golongan darah A dan AB terlindungi dari gejala menurunnya cadangan sel telur," kata Edward Nejat, salah seorang peneliti, Senin (25/10).
Meski demikian, Nejat mengatakan, temuan ini hanya salah satu aspek dari kesuburan wanita dan masih perlu penelitian lebih lanjut. "Usia seseorang masih menjadi faktor terpenting berhasil tidaknya untuk hamil," kata dia.
Menanggapi temuan ini ilmuwan Inggris Tony Rutherford mengatakan, ini untuk pertama kalinya ada pakar yang bisa menunjukkan kaitan antara golongan darah dan peluang untuk hamil. Namun ia menambahkan ada hormon-hormon lain yang menyebabkan berkurangnya cadangan sel telur, yang juga penting untuk dikaji. Jadi, bagi Anda yang bergolongan darah O tak perlu terlalu khawatir dengan hasil penelitian ini.

Republika - Selasa, 26 Oktober

N. Inilah 10 Makanan Penyembuh

VIVAnews - Biarlah makanan menjadi obatmu. Kata-kata tabib Yunani kuno bernama Hippocrates itu begitu populer di dunia kedokteran. Pesan itulah yang kemudian mendorong para ilmuwan mencari tahu manfaat makanan bagi kesehatan tubuh.
Selama bertahun-tahun, para ahli gizi melakukan penelitian untuk mengidentifikasi manfaat nutrisi dari makanan tertentu. Mereka mempelajari protein, karbohidrat, kalori, lemak, mineral dan vitamin untuk menentukan manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Berikut sejumlah makanan yang memberi banyak manfaat untuk tubuh, seperti dikutip laman Methods of Healing.
1. Madu
Penelitian menunjukkan bahwa madu mengandung antibakteri dan antivirus. Studi lebih dalam menyebut madu bermanfaat untuk menyembuhkan luka dan baik untuk kesehatan pencernaan.
2. Green Tea
Penelitian menunjukkan, teh hijau membantu mengurangi risiko kanker, stroke, dan penyakit jantung. Teh hijau juga diyakini membantu mencegah penyakit diabetes tipe dua dan osteoporosis, serta meredakan radang usus.
3. Kenari
Makan 1,5 ons kenari setiap hari bisa menjadi makanan diet rendah lemak jenuh dan kolesterol yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.
4. Blueberry
Adalah salah satu buah dengan tingkat antioksidan tinggi. Kandungan zat di dalamnya membantu memperlambat penuaan, mengurangi risiko diabetes, menurunkan kolesterol, meningkatkan keterampilan motorik, serta menunjang kesehatan kemih dan penglihatan. Blueberry juga memiliki sifat antiinflamasi.
5. Delima
Sebagai buah kaya antioksidan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa delima membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Bahkan, membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko kanker tertentu.
6. Rempah-rempah
Kayu manis membantu menurunkan kolesterol dan menstabilkan gula darah. Jahe membantu memperbaiki kesehatan pencernaan, dan mengandung antiinflamasi. Manfaat jahe sebagai pencegah kanker juga tengah dipelajari. Sementara sifat antiinflamasi kunyit diyakini dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer serta mengurangi risiko kanker.
7. Yogurt
Yang terbaik adalah yogurt polos. Kandungan kalsium, magnesium, Vitamin B-2 & B-12, dan probiotik yang dikenal sebagai bakteri baik dalam usus, bermanfaat menyehatkan sistem pencernaan serta kekebalan tubuh. Konsumsi yogurt secara teratur juga diyakini membantu menurunkan kolesterol.
8. Cokelat hitam
Jenis cokelat ini menawarkan manfaat baik bagi sistem kardiovaskular serta perlindungan dari kanker. Tak hanya itu, mengonsumsi cokelat hitam juga bisa membangkitkan suasana hati yang baik untuk kesehatan emosional dan mental.
9. Salmon
Salmon kaya omega-3 asam lemak dan protein, rendah kalori, rendah lemak jenuh, dan memiliki sifat antiinflamasi. Manfaat kesehatan ikan salmon termasuk pencegahan diabetes, Alzheimer, kanker serta menyehatkan sistem kardiovaskular.
10. Brokoli
Brokoli penuh dengan vitamin seperti asam folat, vitamin A, B6 dan K. Mineral seperti kalsium dan kalium membuatnya lebih sehat. Brokoli dianggap sebagai makanan penyembuhan yang diaktifkan oleh phytochemical indole-3-carbinol dan sulforaphane, membantu melawan kanker.

By Pipiet Tri Noorastuti, Lutfi Dwi Puji Astuti - Minggu, 31 Oktober
http://id.yahoo.com/

1 komentar:

MENGGI SETIAWAN mengatakan...

TERIMAKASIH