SERI TEKNOLOGI DAN PENEMUAN

# INFO TEKNOLOGI PILIHAN

A. Berapa Berat Atmosfer?



Bumi terbungkus oleh selimut udara yang tebal. Lapisan ini adalah atmosfer Bumi. Atmosfer Bumi tersusun dari sekitar 20 macam gas yang berbeda. Dunia unsur utama adalah oksigen dan nitrogen. Atmosfer juga mengandung air dan partikel debu. Udara adalah materi, dan seperti semua materi, atmosfer mempunya berat. Berat adalah ukuran dari tarikan gravitasi pada materi. Bila angka pada timbangan menunjukkan sepuluh kilogram ketika sebuah batu diletakkan di atasnya, ini berarti bahwa gravitasi menarik batu itu dengan kekuatan sepuluh kilogram. Demikian pula, gravitasi Bumi menarik setiap partikel gas dan debu
dalam atmosfer. Karena atmosfer Bumi kita adalah samudra udara yang amat luas, beratnya juga besar. Bila kita menempatkannya dengan menempatkan di atas timbangannya, beratnya sekitar 5.700.000.000.000.000 (5.700 triliun) ton! Atmosfer adalah salah satu hal yang membuat Bumi menjadi planet yang dihuni makhluk hidup.

Catatan fakta:



Pengetahuan klita mengenai udara membuat kita memahami fisika di balik penerbangan pesawat terbang. Udara yang lewat di atas sayap pesawat berkurang tekanannya, membuat tekanan di bawah sayap yang lebih besar menimbulkan daya angkat ke atas, sehingga pesawat dapat terbang

Sumber: Buku "Katakan Kepadaku Apa? #Ruang Angkasa"

B. Jepang Kembangkan Kecepatan Internet 32 Miliar Kbps



Sebuah teknologi optik baru sedang diujicoba di Jepang. Dahsyatnya, teknologi itu mampu mencapai kecepatan 30 Terabit per detik (Tbps) atau lebih dari 32 Miliar Kbps.

Uji coba itu telah dilakukan oleh KDDI R&D Labs bersama National Institute of Information and Communications Technology (NICT) di Jepang. Teknologi yang diujicoba memanfaatkan transmisi bernama OFDM alias orthogonal frequency division multiplex.

Sekadar pembanding, kecepatan koneksi internet saat ini masih jauh –sangat jauh– dari yang dicapai dalam ujicoba tersebut. Kecepatan 500 kilobit per detik (Kbps), misalnya, sudah termasuk lumayan untuk penggunaan normal sehari-hari. Sedangkan rata-rata kecepatan internet di dunia, berdasarkan data akhir 2008, adalah 1.5 Mbps atau 1500 Kbps.



Nah, 30 Terabit per detik itu kurang lebih setara dengan 32 miliar kilobit per detik. Dengan kecepatan seperti ini, per detiknya data yang sanggup dikirimkan mencapai 3,9 juta MB, atau hampir 1.000 keping DVD film per detiknya.

ujicoba itu dilakukan pada jarak 240 kilometer, artinya bukan sekadar ujicoba jarak dekat. Rencananya KDDI akan mengkomersialkan teknologi ini pada 2012.

Sumber

C. Robot Cewek Pandai Menari



Anda mungkin pernah melihat robot HRP-4C yang cantik sebelumnya, namun sebelumnya hanya mampu menggerakkan tubuh atasnya, sekarang upgrade dan perbaikan telah dilakukan sehingga robot ini mampu memegang sendiri panggungnya, bernyanyi dan menari dengan manusia .



Apakah ini menggantikan pasangan tari manusia dalam waktu dekat? Mungkin tidak, tapi ini merupakan bukti langkah maju yang signifikan dalam robotika.


Sumber


D. Benda-benda Daur Ulang Unik Dari Ban


Banyak orang tidak perduli terhadap ban bekas karena hitam, kusam, dan membosankan. Bingung bagaimana mendaur ulang ban bekas tersebut. Namun ada juga orang penuh dengan jiwa seni dan penuh kreativitas mampu mengubah ban bekas tersebut menjadi suatu karya yang luar biasa dan indah di pandang mata.

Berikut adalah hasil daur ulang ban bekas, menabjubkan bukan?

1. Mobile DJ designs speakers(pengeras suara)



Ollie Boyce mencoba untuk menyelamatkan lingkungan dengan memutar ban mobil digunakan ke dalam speaker kustom yang dapat digunakan di rumah atau di mobil Anda. Dengan desain-pending paten, Ollie mengubah ban bekas menjadi luar biasa.

2. Earthship(The green house)



Arsitek Michael Reynolds, yang lebih dikenal sebagai Warrior Sampah, meminta dukungan 12 yg kreatif orang dan beberapa relawan untuk mendirikan off-the-grid construction di dekat Sungai Yellowstone, di Miles City, Montana. The green house, dikenal sebagai Earthship, terbuat dari ban, botol dan kaleng-kaleng bir po.

3. Automan 500(alat musik)



Kabar gembira bagi semua pecinta musik dan the eco-conscious! Sekarang Anda dapat mendengarkan lagu favorit Anda, dengan kontribusi kepada Alam. Berikut ini adalah eco-subwoofer dibuat sepenuhnya dari ban daur ulang. Dijuluki sebagai "Automan 500" ,hal-hal seperti ban daur ulang, bantal dari bahan lokal yang bersumber, gesper daur ulang, dan papan serat jerami.

4. Bikerakk(patung)



Wellington desainer Matt Hammond dan mitra usahanya Duncan Forbes telah memasang patung siklus inovatif di luar Chaffers Dunia Baru, di Wellington. Patung perkotaan, dikenal sebagai Bikerakk , terbuat dari kerangka baja dilapisi karet dari empat ban mobil daur ulang. Setelah instalasi patung pertama, satu sama lain menunggu instalasi di Moore Wilson bulan ini.

5. Terrewalks(trotoar)



Meningkatkan kekurangan dari Rubbersidewalks, trotoar panel terbuat dari ban daur ulang, trotoar baru di sini untuk menyelamatkan lingkungan. Dijuluki sebagai "Terrewalks" , trotoar panel ini terbuat dari karet ban daur ulang 100% dan plastik sampah, dan pewarna organik kemudian dicetak dan kompresi. Menawarkan ketangguhan beton, trotoar inovatif ini juga mendukung penananman pohon.

6. Dome-house(rumah-kubah)



Levinton, seorang arsitek Argentina datang dengan ide cerdas dari rumah-kubah dibuat dengan menggunakan daur ulang ban untuk memberikan uluran tangan dan bantuan dalam rekonstruksi di Haiti setelah gempa. Ia berencana untuk membangun rumah dengan menggunakan ban daur ulang dengan membuat basis besar dengan mereka dan kemudian menginstal sebuah kubah logam yang akan ditutupi dengan terpal atau bahan serupa.
ini baru

7. Recycled tire planter (pot tanaman)



Berikut adalah cara artistik memanfaatkan limbah ban dalam cara yang lebih bermakna. Semua yang dilakukan adalah dengan ban dipangkas dan diputarbalikkan.Tidak hanya melibatkan daur ulang, tetapi juga memiliki fitur lain yang ditambahkan tanaman ke dalamnya. Anda dapat menempatkannya di tempat tinggal Anda, mempercantik dengan tanaman menjadi indah dan menawarkan udara segar.

8. Recycoool(kursia/sofa)



Konsep furnitur ini mengalihkan ban dari tempat pembuangan sampah. Ini adalah inflatable furnitur baru yang menggunakan tabung ban lama. Dirancang oleh Nir Ohayon, seorang desainer Israel yang telah membawa gaya, kenyamanan,tidak hanya inofatif fungsional.

9. Recycled Tire Sculptures (patung)
Ji Yong Ho, seorang artis Korea telah meniupkan kehidupan baru ke dalam ban lama yang dianggap tidak lebih dari sampah. Dengan pikiran cerdik dan kreativitas, Yong Ho telah membuat patung yg sangat luar biasa.















Sumber

E. DARPA: Transformer Mobil, Helikopter dan Pesawat



Mobil bisa terbang seperti Terrafugia memang enak banget yah, terutama untuk digunakan di Jakarta tapi kalau dipikir-pikir, gimana mau terbang kalau jarak antara satu mobil dengan yang lainnya hanya 3 cm?
DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) sedang mengembangkan sebuah kendaraan militer yang bisa kita bilang kendaraan 3 in 1 karena kendaraan ini adalah sebuah mobil, helikopter dan pesawat sekaligus.



Disebut dengan DARPA Transformer (TX) adalah mobil 4 penumpang ini dilengkapai dengan berbagai persenjataan dan bisa berjalan sejauh 280 mil (450 km) baik di darat maupun udara.

Yang paling utama adalah kemampuannya untuk lepas landas secara vertikal seperti sebuah helikopter sehingga area yang sempit bukan menjadi alasan bagi kendaraan ini untuk mendarat atau tinggal landa.

Transformer yang dilengkapi dengan teknologi cangggih ini juga bisa membuat siapapun bisa mengendarainya dan anda bisa memacu kecepatan sampai 104 km/ jam pada saat berjalan di darat atau 241 km/ jam pada saat di udara.

Prototype mobil ini sedang dibuat dan diharapkan tahun 2015 nanti bisa terwujud apabila tentara Amerika dan Inggris masih berada di Afganistan.



Sumber

F. Taxi Touch Screen Mewah Tanpa Supir



Kadang-kadang menarik apabila kita lagi berada di sebuah taksi dan ngobrol dengan sopirnya. Tapi di sisi lain sopir taksi bisa menjadi gangguan bahkan ancaman seperti yang sering terjadi di Jakarta. Sopir taksi justru merampok atau bekerjasama dengan penjahat untuk merampok para penumpangnya, atau sopirnya tidak tahu jalan.

Masalah ini tampaknya tidak akan terjadi di Heathrow Airport , London. Di Airport ini disediakan taksi yang mewah yang tanpa sopir. Unik ya.. Kita hanya duduk dan menggunakan touch screen yang telah disediakan dan yang lebih muantaps lagi yaitu gratis! dan sudah pasti gak akan kesasar selama kita tidak salah menekan touch screennya.Sayangnya taksi unik ini baru mendukung kegiatan di seputaran Airport yang menjadi penghubung antara terminal, parkir dan kegiatan lain di Airport. Bukan langsung ke rumah si penumpangnya.











SUMBER

G. Apa itu CDMA dan GSM ?

Apa itu CDMA dan GSM? Banyak yang tidak tahu soal hal ini, padahal kita juga sering mendengar hal ini, tapi mengapa sudah mengenal CDMA dan GSM, tapi waktu ditanya apa itu CDMA, GSM dan kepanjangannya apa? kok jawabannya CDMA ya CDMA, GSM ya GSM. cukup singkat dan jelas. :D
Kali ini saya mencoba untuk memberikan sedikit tentang pengertian CDMA dan GSM. Bukannya saya sok tau ya :), tapi disini saya hanya mencoba untuk memberikan sedikit pengertian tentang CDMA dan GSM tersebut, bagi sudah tau soal hal ini silahkan abaikan rtikel ini :p

CDMA kepanjangan dari Code division multiple access
Lha pengertian dari CDMA sendiri adalah sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan menggunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.
GSM kepanjangan dari Global System for Mobile Communication
Adalah sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada komunikasi bergerak, khususnya telepon genggam (Handphone). Teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi selular sekaligus sebagai teknologi selular yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.


Labels: Teknologi dan Pembelajaran

http://penchenk.blogspot.com/2009/07/apa-itu-cdma-dan-gsm.html

H. Komputer Mampu Realisasikan Mimpi

SATU teknologi baru kini sedang dikembangkan oleh ilmuwan Inggris. Mereka menjamin dalam beberapa tahun ke depan, sebuah mimpi dapat direkam dan diputar ulang layaknya video.
Teknologi ‘komputer paranormal’ ini memungkinkan teknologi yang ada dalam komputer untuk membaca pikiran seseorang dengan memindai aktivitas otak mereka dan mereproduksinya menjadi imaji yang nyata. Ilmuwan Inggris yang bergabung dengan ilmuwan internasional lainnya ini mengklaim telah mampu meng-convert aktivitas otak menjadi sebuah video. Video ini tercipta karena terstimulasi oleh apa yang dilihat oleh mata dan pendengaran subyek. Hal ini membuktikan sebuah kemungkinan untuk merealisasikan sinyal otak ke dalam imaji gerak.
Dilansir News.com, para ilmuwan percaya temuan ini akan memberikan keuntungan yang signifikan dalam kehidupan seseorang, khususnya bagi para tuna wicara yang tidak bisa menyampaikan maksud mereka dengan kata-kata. Selain itu teknologi ini juga bisa merekam mimpi seseorang, memungkinkan pihak keamanan menidentifikasi pelaku kejahatan, dan lain sebagainya. Untuk keperluan penelitian ini, para ilmuwan menggunakan teknologi magnetik peresonansi gambar yang memindai otak dua orang pasien saat mereka sedang menonton sebuah video. Secara otomatis, komputer yang telah terprogram akan menyatukan konfigurasi bentuk, warna dan gerak ke dalam video, dan kemudian mempolakan aktivitas dari jaringan otak visual pasien.(int/gem)

http://xpresiriau.com/teknologi/komputer-mampu-realisasikan-mimpi/, 8 Nopember 2009


I. Kamera Hubble Temukan Galaksi Tertua


Hubble, teleskop luar angkasa yang telah diperbaharui, menemukan galaksi tertua yang belum pernah dilihat sebelumnya, kata para ilmuan, seperti dilansir AP, kemarin.
Gambar itu diambil di wilayah ruang angkasa yang diamati pada tahun 2004. Hubble menangkap ribuan galaksi yang belum pernah terlihat sebelumnya. Galaksi tersebut terbentuk 600 juta tahun setelah Big Bang. Para ilmuan yakin, ledakkan besar ini mengarah pada penciptaan alam semesta.
Sebuah kamera “wide field” baru di pasang pada Hubble musim panas ini. Hubble juga memiliki saluran infra merah jarak dekat yang memungkinkan orbit teleskop melihat ke alam semesta lebih tajam dan galaksi dengan jarak yang jauh.
Hubble adalah sebuah kolaborasi antara NASA dan agensi ruang angkasa Eropa. Kamera ini telah dipasang pada bulan Mei oleh astronot NASA sebagai bagian dari misi untuk meng-upgrade dan memperbaiki teleskop yang sudah tua. Galaksi ini berjarak 13 miliar tahun cahaya. Tiap satu tahun cahaya setara dengan sekitar 6 triliun mil.(int/gem)

http://xpresiriau.com/teknologi/kamera-hubble-temukan-galaksi-tertua/ , 13 Desember 2009

J. Bensin dari Sampah

SALAH satu hal yang tak ada habisnya adalah sampah. Itu sebabnya mengubah sampah menjadi bahan bakar merupakan ide yang sangat menarik untuk mengatasi masalah sampah dan berkurangnya cadangan minyak bumi. Waste Management, perusahaan pengumpul sampah terbesar menjalin kerja sama dengan Terrabon, sebuah perusahaan yang berusaha untuk mengubah sampah organik menjadi bensin beroktan tinggi dengan menggunakan mikroorganisme alami dan proses kimia.
James Mc Millan, manager Biochemical Process R&D Group di National Renewable Energy Laboratory in Golden, CO, mengatakan bahwa kerja sama ini akan memudahkan produksi jutaan galon bahan bakar dengan memanfaatkan teknologi biofuels.
Kebanyakan perusahaan biofuels menggunakan dua cara pemrosesan,
1. Menggunakan enzim untuk mengubah biomassa menjadi gula sederhana (glukose atau dextrose, fruktose dan galaktose), kemudian menggunakan mikroorganisme untuk mengubahnya menjadi bahan bakar,
2. Menggunakan termperatur tinggi untuk memecah biomassa menjadi karbon monooksida (CO) dan hidrogen kemudian menggunakan proses kimia untuk mendapatkan bahan bakar yang diinginkan.(d/int/uli)

http://xpresiriau.com/teknologi/bensin-dari-sampah/ , 7 Desember 2009

K. Robot Pengunyah Diciptakan

SETIAP hari kita pasti selalu menggunakan rahang baik untuk berbicara maupun mengunyah makanan. Jika rahang mengalami masalah, pasti kita akan kesulitan bicara dan mengunyah makanan.
Nah, untuk mengetahui cara kerja rahang dan mengatasi masalah pada rahang, para ahli mekanik asal Inggris membuat robot pengunyah. Cara kerja robot ini seperti rahang manusia. Bentuknya pun seperti mulut mekanik.
Salah satu pembuatnya, Dr Kazem Alemzadehv menyatakan, pembuatan robot pengunyah itu terinspirasi setelah ia melihat simulator pesawat ruang angkasa yang memiliki gerakan seperti rahang.
Robot tersebut juga dirancang oleh ahli mekanik Daniel Raabe, dari Universitas Bristol, Inggris. ‘’Dengan robot pengunyah ini kita bisa memahami cara kerja rahang dan membuat alat bantu bagi orang yang mengalami masalah pada rahangnya,” kata Daniel Raabe.(d/int/uli)

http://xpresiriau.com/, 16 Nopember 2009


L. Alexander Graham Bell Bukan Penemu Telepon yang Asli


PESAWAT telepon, atau telepon ini sudah kita ketahui sejak dahulu. Sejak tahun 1875. Semua orang tahu bahwa, Alexander Graham Bell-lah yang menemukan telepon. Ternyata kita salah, orang yang sudah membuat telpon sebenarnya adalah Antonio Meucci.
Antonio Meucci lahir di San Frediano, dekat kota Firenze pada tahun 1808. Ia adalah salah satu lulusan Akademi Kesenian Firenze, ia bisa menemukan telpon sejak pertama kali ia menginjakkan kaki di Amerika. Penemuan pertama ia bukanlah telepon, melainkan sebuah peralatan listrik yang bernama Teletrofono.
Ia membuat telepon saat tahun 1849 di Milano, Italia. Pada tahun 1850 ia pindah ke Staten Island, New York. Pada saat yang bersamaan ia mengalami kecelakaan karena meledaknya kapal feri Staten Island, ia mengalami luka bakar serius. Karena hal itu ia mendadak jatuh miskin, karena hal itu juga ia gagal untuk memperpanjang patennya pada tahun 1871.
Mengetahui hal ini, Alexander Graham Bell pun mematenkannya. Ketika paten Alexander Graham Bell didaftarkan pada tahun 1876, Antonio Meucci tidak tinggal diam. Ia mengirimkan gambar sketsa dan model asli peralatannya ke Lab Western Union, dengan kebetulan yang tidak sengaja. Ternyata Alexander Graham Bell juga bekerja di tempat itu, dan semua sketsa milik Antonio Meucci pun hilang secara misterius.
Pada tahun 1876, Alexander Graham Bell menyandang setatus sebagai penemu telepon. Mendengar hal seperti ini lagi, Antonio Meucci tidak tinggal diam. Ia mencari pengacara untuk memprotes hal ini pada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington.
Setelah permusuhannya dengan Alexander Graham Bell dan Western Union, ia mengalami kelelahan. Pada 18 Oktober tahun 1889, Antonio Meucci meninggal dunia. Ternyata setelah meninggalnya Antonio Meucci, baru terungkap bahwa Alexander Graham Bell menyetujui membayar 20 persen keuntungan komersil atas penemuannya selama 17 tahun kepada Western Union. Dan pada 11 Juni 2002, kongres Amerika Serikat. Di tetapkan bahwa, Antonio Meucci sebagai penemu telepon.
——————————————————-
Kiriman
Septyanto
Nugroho Bimo Putro
Kelas. 7A SMPS Cendana
Duri, Riau

http://xpresiriau.com/teknologi/alexander-graham-bell-bukan-penemu-telepon-yang-asli/ , 15 Nopember 2009



M. Robot Super Mungil (Paling Kecil)




JIKA Hollywood lebih berfokus pada pembuatan robot yang lebih tinggi daripada manusia, kini para peneliti dari institute di Swedia, Spanyol, Jerman, Italia dan Switzerland, telah membuat robot dengan biaya lebih murah dan kuantitas yang besar.
Dengan biaya terbatas, mereka bekerja di satu single circuit board. Desain satu chip memang tampak sulit untuk dibangun, terutama ketika melekatkan masing-masing komponen dengan menggunakan metode konvensional. Namun, kali ini para peneliti menggunakan teknologi penghantar yang mudah melekat untuk melekatkan module yang berbeda ke circuit board. Setelah itu, circuit board dilipat untuk membentuk microbot.
Komponen yang telah disatukan membuat microbot dapat berkomunikasi, bergerak, memindah energi, dan mengumpulkan data. Robot mungil tersebut memiliki panjang kira-kira 4 mm, memiliki power solar cell dan getaran kaki, tiga di antaranya digunakan untuk bergerak dan satu untuk beraksi sebagai sensor sentuh.
Kerja ini berbasis konsep I-SWARM (Intelligent Small-World Autonomous Robots for Micro-manipulation), yang terinspirasi oleh tingkah laku serangga. Menurut konsep tersebut, sejumlah besar robot akan berinteraksi dengan lingkungan mereka dan dapat berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan sensor infra merah, sehingga dapat menunjukkan kemampuan serangga seperti semut.(d/int/uli)

http://xpresiriau.com/teknologi/robot-super-mungil-paling-kecil/ , 9 Nopember 2009



O. Cina Ciptakan Komputer Super Cepat di Dunia

CINA baru saja merilis sebuah perangkat komputer super. Mereka meng-klaim komputer ini merupakan komputer tercepat di dunia, dan menunjukkan upaya mereka untuk menjadi yang terdepan dalam bidang teknologi.
Perangkat komputer super ini dikem-bangkan National University of Defense Technology, sebuah akademi kemiliteran Cina. Perangkat komputer ini tercatat menduduki peringkat ke empat dalam daftar 500 komputer super tercepat di dunia.
Xinhua melansir, komputer yang diberi nama Milky Way ini secara teori dapat menampilkan lebih dari satu juta kalkulasi per detik.
Untuk itu, Milky Way sangat cocok digunakan untuk kepentingan penghitungan biomedis, memproses data seismik selama pengeboran minyak bumi, juga untuk merancang berbagai mesin yang digunakan di luar angkasa.
Milky Way yang menelan dana sekira 88 juta dolar AS ini memiliki lebih dari 11.000 mikroprosesor Intel dan Advanced Micro Devices.
Salah satu tim perancang komputer menyebutkan, Milky Way akan segera dipindahkan ke pusat komputasi super di Tianjin akhir tahun ini.
Secara terpisah, Pemerintah China juga merancang komputer super jenis petaflop yang akan segera dirilis tahun depan. Rencananya, komputer ini akan menggunakan CPU Godson CPU yang dikenal juga dengan nama Loongson, yaitu chip lokal yang dirancang atas sumbangan dana Pemerintah Cina.(int/gem)

http://xpresiriau.com/teknologi/cina-ciptakan-komputer-super-cepat-di-dunia/ , 8 Nopember 2009


P. Uranium Ada di Bulan


APA kamu tahu Uranium? Uranium, adalah zat radioaktif yang membantu terjadinya reaksi nuklir. Nuklir ini nantinya sangat berguna untuk bidang kedokteran, pertanian dan berbagai macam industri.
Untuk itu, banyak orang mencari uranium dan biasanya ditemukan di daerah pertambangan. Nah, ternyata selain terdapat di bumi, uranium ini juga ada di bulan. Hal itu diketahui berdasarkan penelitian pesawat ruang angkasa milik Jepang.
Menurut para ahli astronomi, dengan ditemukannya uranium menunjukkan kalau terdapat elemen radioaktif di bulan. Jadi, nantinya ada kemungkinan untuk membuat tenaga nuklir di bulan. Pesawat ruang angkasa Jepang, Kaguya, mendeteksi uranium dengan menggunakan sinar gamma.
Sinar tersebut juga bisa melihat komposisi bulan, yang terdiri dari torium, potasium, oksigen, magnesium, silikon, kalsium, titanium dan besi.
Uranium sangat diperlukan untuk pengembangan teknologi nuklir yang sangat bermanfaat bagi manusia. Salah satunya adalah alat-alat kedokteran yang digunakan untuk penyembuhan penyakit kanker atau tumor.(d/int/uli)

http://xpresiriau.com/teknologi/uranium-ada-di-bulan/ , 28 September 2009

Q. Kembangkan Motor Berbahan Bakar Air Campur Premium

Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mampu menciptakan kombinasi bahan bakar premium dan air sebagai konsumsi sepeda motor balap. ”Ini sepeda motor balap yang menggunakan bahan bakar berteknologi campuran premium dan air,” terang Sigit Pramono K dan Bayu Damar Widodo, dua orang yang duduk di belakang motor tersebut.
Kedua orang ini ternyata mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UMS. Sedangkan motor di hadapannya adalah milik Sigit sekaligus objek penelitian dalam pengerjaan tugas akhir (TA) di kampusnya.
“Motor ini berbahan bakar campuran air dan premium dengan perbandingan untuk 20 persen air dan untuk 80 persen premium. Mengapa kami menggunakan air, karena di sini air berfungsi untuk menaikkan oktan pada premium. Oktan yang tinggi mampu menyempurnakan pembakaran, sehingga daya yang dihasilkan juga semakin besar,” ungkap Sigit.
Penggunaan air membuat motor tak banyak menyerap bahan bakar. Mekanisme kerjanya air murni itu ditampung dalam tabung plastik yang dialirkan lewat selang melalui pompa vakum menuju manipol. Masuknya air tersebut juga membuat bensin menjadi sulit terbakar sehingga menjadi irit. Modifikasi bahan bakar tersebut setara dengan benzol yang menjadi bahan bakar motor balap.
Hasil penelitiannya ini ternyata berbuah manis setelah campuran air dengan premium bisa memacu motor menjadi cepat. Jarak 201 meter dengan menggunakan motor yang berbahan bakar air ini bisa ditempuh dengan waktu 8,7 detik. Jika berbakar bakar premium murni hanya mampu menempuh waktu 13 sampai 14 detik,” jelas dia.
Sigit sengaja mengutak-atik motornya untuk keperluan tugas akhir. Namun dalam pelaksanaan penelitian Sigit dibantu beberapa rekannya. Tercatat ada beberapa orang yang terlibat langsung dalam proyek ini.
Salah satunya adalah Bayu Damar. Dia menjadi orang yang ikut menyukseskan proyek yang memakan biaya Rp13 juta ini. Dana sebanyak itu, Rp10 juta di antaranya untuk membeli sepeda motor.(slo/aj/jpnn/gem)

http://xpresiriau.com/teknologi/kembangkan-motor-berbahan-bakar-air-campur-premium/ , 13 September 2009

R. Alien Berotot Besi dan Kacamata Penerjemah

Modifikasi Motor Alien
MODIFIKASI motor ini emang kreatif banget. Gimana nggak, Honda Supra produksi 1999 disulap menjadi ”makhluk alien”. Adalah I Dewa Gede Agus Umbara, sang modifikatornya.
Karya cowok Bali ini patut diancungi jempol. Sebab, dalam pengerjaannya perlu ketenangan, ketelitian, dan kesabaran lantaran rumit dan sangat banyak detailnya.
Selain itu, ia gunain limbah, bukan komponen baru. Dahsyat bukan? Lihat aja di bagian buntut dan kepala. Menurut Agus yang juga seniman ini, bagian itu memakai limbah dari pagar rumah yang digabung dengan komponen motor yang nggak terpakai. Ia mengambil contoh per shockbreaker depan, gear, sampai rantai.
Tangki bensin dibuat berupa tabung di batang tengah. Diakuinya, pengisian bensin harus menggunakan selang kecil. Kemudian, beberapa shockbreaker bekas dijadikan tangan dan kaki.
“Kita memang menjaga agar bentuk aliennya sempurna, misalnya bagian tulang badan, kaki, dan kepala,” ujarya.
Meski dari bentuk, banyak yang meragukan kalau alien ini bisa jalan, Agus memastikan garapannya mampu meluncur. Hanya, ia mengatakan bahwa bagi yang baru mau membawanya, dia harus adaptasi dulu lantaran motornya berat. Lalu, pantat terasa nggak nyaman karena duduk di atas besi keras.

http://xpresiriau.com/teknologi/alien-berotot-besi-dan-kacamata-penerjemah/, 8 Desember 2009

S. Kacamata Penerjemah

Kacamata yang bisa menerjemahkan
KAMU nggak perlu khawatir lagi kalau nggak bisa berbahasa asing. Sebab, NEC, perusahaan teknologi di Jepang akan meluncurkan alat penerjemah yang memudahkan kamu berkomunikasi, walaupun ada perbedaan bahasa dengan lawan bicara kamu.
Yup, ‘si kamus berjalan’ yang diberi nama Tele Scouter itu, bentuknya menyerupai kacamata, tapi nggak gunain lensa. Dan, Tele Scouter akan bekerja kalau kedua orang yang berkomunikasi sama-sama menggunakan alat ini.
Gimana cara kerjanya? Nah, setiap ucapan akan ditangkap oleh mikrofon, kemudian file suara itu akan diterjemahkan oleh software baik dalam bentuk teks maupun audio. Yang tahu teks/audio pembicaraan tentu aja hanya orang yang mengenakan Tele Scoter dong, pasalnya hasil terjemahan tersebut hanya diproyeksikan ke bagian retina orang tersebut.
Dengan adanya alat ini, kedua orang yang terlibat dalam satu pembicaraan nggak perlu lagi seorang penerjemah. Kerahasiaan topik pembicaraan pun akan bisa terjaga tanpa adanya orang ketiga. Sayangnya, alat ini diluncurkan November tahun depan di Jepang. Dan, sementara nanti hanya dijual di Jepang aja. Berarti kita harus bersabar dulu ya…(d/intuli)

http://xpresiriau.com/teknologi/alien-berotot-besi-dan-kacamata-penerjemah/

T. Sejumlah iPhone Dilaporkan Bisa Meledak

PARA pemilik iPhone 3G tipe terbaru (seri S) agaknya harus berhati-hati. Pasalnya, baru-baru ini dilaporkan bahwa dalam beberapa kasus terpisah, sejumlah gadget milik perusahaan raksasa Apple Inc tersebut meledak di beberapa tempat di Eropa.
Seperti diberitakan situs EWeek.com, berdasarkan laporan sejumlah media massa, Apple sendiri menyebut peristiwa ini sebagai kecelakaan terbatas (isolated incidents). Beberapa media bahkan memberitakan bahwa setidaknya dalam salah satu kasus, Apple sempat menawarkan penggantian kepada salah seorang pemilik alat komunikasi itu, dengan syarat merahasiakan soal kejadian serta kesepakatan tersebut.
Peristiwa ini merupakan masalah terbaru bagi Apple, terutama terkait dengan produk anyarnya yang justru disebut-sebut lebih canggih namun berharga ‘miring’ tersebut. Sebelumnya, sejak resmi diluncurkan ke pasaran Juni lalu, juga sudah ada laporan bahwa produk tersebut cepat panas hingga warnanya bisa memudar. Masalah lain yang disebut-sebut adalah terkait soal layarnya, serta baterai yang cepat habis.
“Apple Inc saat ini tengah menyelidik laporan media massa, yang menyebutkan bahwa telah terdapat satu atau lebih produk iPhone yang dikatakan meledak di daratan Eropa,” ungkap seorang juru bicara Komisi Eropa, kepada Reuters sebagaimana dikutip EWeek. com.
Lebih jauh, Helen Kearns, sang juru bicara, menyampaikan kepada para jurnalis yang berkumpul dalam sebuah jumpa pers khusus, bahwa Apple sedang mencoba mendapatkan informasi lebih banyak mengenai detail spesifik kecelakaan-kecelakaan tersebut. “Dan mereka menyatakan akan melakukan ujicoba yang dibutuhkan guna mengetahui kemungkinan penyebabnya,” tambah Kearns.
Berdasarkan laporan MacWorld pula, yang kembali menegaskan pernyataan pihak Apple seperti yang sudah disampaikan via Komisi Eropa tersebut, di dalam salah satu kecelakaan, seorang remaja Prancis mengaku mengalami cedera mata akibat malfungsi produk tersebut. Disebutkan, kecelakaan itu dialami sang remaja saat iPhone milik pacarnya terdengar mengeluarkan suara mendesis dan kemudian tiba-tba saja kaca touch screen-nya pecah.
Sementara dalam kasus lain, seorang pria warga Inggris berusia 47 tahun pun melaporkan hal serupa, bahwa iPhone milik putrinya tiba-tiba saja mendesis dan akhirnya ‘meledak’. Sementara dalam satu kasus di Belanda, sebuah iPhone yang konon tertinggal di dalam sebuah mobil, dilaporkan telah meledak dengan menimbulkan api hingga membakar tempat duduk mobil tersebut.(ito/jpnn/gem)

http://xpresiriau.com/teknologi/sejumlah-iphone-dilaporkan-bisa-meledak/ , 23 Agustus 2009

U. Bakteri Juga Suka Ngobrol

TAHUKAH kamu, ternyata bakteri suka ngobrol juga? Pada bakteri, proses komunikasinya dinamai quorum sensing, yang melibatkan pertukaran suatu senyawa kimia (auto inducer).
Sebagai contoh, saat berjumlah sedikit, bakteri Pseudomonas aeruginosa dapat tumbuh pada inangnya tanpa menyebabkan penyakit. Namun ketika jumlahnya mencapai konsentrasi tertentu, bakteri tersebut kemudian menjadi agresif dan membentuk biofilm yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan penyakit.
Melalui mekanisme quorum sensing, sejumlah bakteri gram negatif menggunakan senyawa acyl homoserine lactone (AHL) untuk saling berkomunikasi dalam rangka mengatur sejumlah fungsi biologis seperti sifat patogen dan pembentukan biofilm.
Sementara bakteri gram positif seperti Bacillus subtilis menggunakan protein khusus untuk tujuan dan fungsi serupa.(d/int/uli)

http://xpresiriau.com/teknologi/bakteri-juga-suka-ngobrol/ , 31 Agustus 2009

V. Cara Curang Bermain Game Solitaire di Windows

Apabila anda bermain di mode buka 3 kartu maka anda dapat mengubahnya menjadi buka 1 kartu dengan cara menekan dan menahan tobol Ctrl+Alt+Shift di keyboard anda dan selanjutnya mengklik tumpukan kartu di pojok kiri atas. Metode curang ini sangat berharga pada saat anda sudah stuck, namun tidak menjamin anda untuk dapat menyelesaikan game anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

http://organisasi.org/cara_curang_bermain_game_solitaire_di_windows


W. Cara Mudah Format Disket Floppy / Drive A Melalui Windows dan Dos


Untuk memformat disket floppy standar 3.5 inch dengan kapasitas 1,44 MB dapat dilakukan dengan beberapa cara mudah di bawah ini :
1. Format Floppy Melalui Windows Explorer
Untuk membuka windows explorer dengan mudah anda dapat menggunakan kombinasi tombol windows pada keyboard + huruf E dengan urutan menahan tombol windows kemudian disusul memencet tombol huruf e sekali saja.
Setelah windown explorer muncul dengan folder tree, pastikan disket yang akan di format sudah ada di dalam drive flopi tanpa data atau dengan data yang tidak penting atau sudah di backup sebelumnya. Lalu klik kanan dengan mouse pada 3,5 floppy (A:) dan pilih format.
Pada menu format anda bisa menentukan konfigurasi hasil format. Tetapi sebaiknya bagi anda yang awam gunakan seting format yang standard atau default saja. Setting standard yaitu size 1.44 MB 512 bytes per sektor dengan sistem FAT. Pilih quick format apabila anda ingin format cepat tanpa membuat system files baru atau pilih create ms-dos startup disk bila anda ingin membuat boot disk untuk melakukan booting dengan sistem opetasi microsoft dos. lalu pilih start untuk memulai format disket anda.
Pastikan dalam disket anda tidak ada data penting yang belum dibackup, karena disket anda jika diformat akan kehilangan seluruh data.
2. Melalui Floppy melalui Dos
Cara menjalankan dos command prompt bisa dari
- booting dari disket atau cd yang mengandung dos (bios di setting dulu)
- dari start menu pada windows
- dari start menu pilih run lalu ketik cmd lalu ok atau pencet enter
kemudian setelah booting dos selesai anda bisa langsung format disket flopy anda dengan mengetik format a: lalu tekan enter. lalu pilih yes dengan mengetik y lalu enter. Setelah selesai format anda dapat memasukkan volume label untuk penamaan disket maksimal 11 karakter. Setelah itu selesai.
Catatan :
Mungkin hasil size dari disket anda tidak 1.44 mb tetapi sekitar kurang lebih 1.38 mb. Itu wajar saja. Sebaiknya tidak memformat disket menjadi kapasistas lebih dari 1.44 mb karena akan membuat disket tidak tahan lama dan mudah rusak.

X. Cara Serta Langkah Mematikan atau Shut Down Komputer / PC / Laptop Anda yang Benar

Untuk mematikan komputer atau laptop anda sebaiknya jangan langsung mencabut listrik yang terhubung pada komputer, karena dapat mengakibatkan kerusakan pada hard disk/hard drive anda dan tidak menutup kemungkinan dapat merusak komponen lainnya. Dengan melakukan shutdown komputer anda dengan benar dapat memberi kesempatan pada komputer untuk menyimpan setting komputer anda yang berguna untuk booting dan konfigurasi komputer. Di samping itu shut down akan mempersiapkan seluruh software dan hardware yang ada pada komputer anda untuk dimatikan, sehingga tidak akan menimbulkan masalah jika dinyalakan kembali.
Masalah yang biasanya timbul jika komputer langsung dimatikan tanpa di shut down adalah hilangnya data penting untuk booting dan masalah terparah adalah menimbulkan bad sector ataupun hard disk mati total tidak terdeteksi oleh bios. Jika terjadi kehilangan data yng diperlukan untuk booting anda bisa memperbaiki dengan restore pada dos atau menginstall ulang windows atau os lainnya tanpa memformat hard disk.
Cara dan langkah yang tepat mematikan komputer anda. Mungkin ini sudah diketahui oleh 99.99% user komputer di Indonesia, namun tidak ada salahnya berbagi ilmu pada yang membutuhkannya.
1. Klik "Start" di pojok kiri bawah atau bisa juga memencet tombol gambar logo windows pada keyboard anda.
2. Pilih "Turn Off Computer"
3. Pilih "Shut Down" Atau "Turn Off Computer"
4. Lalu pilih "OK" jika tidak diproses secara otomatis (windows98)
Tambahan :
- Fungsi Restart adalah untuk booting ulang komputer anda tanpa mati terlebih dahulu, karena langsung menyala kembali dan menjalankan os.
- Fungsi Hibernate adalah untuk mematikan komputer dengan setting program atau software tidak berubah. jadi program yang masih terbuka sebelum hibernasi akan tetap kembali di posisi masing-masing ketika dinyalakan kembali.
- Fungsi Restart to dos adalah untuk menjalankan command prompt dos secara independent tanpa campur tangan windows.
- Fungsi Stand By adalah untuk mematikan sementara komputer tanpa mematikan harddisk. lebih ringan daripada hibernate.

• komputer pc


Y. Tips dan Cara Login/membuka Account Email yang Aman dari Hacker


Setiap kita hendak membuka email sebaiknya kita harus waspada dan berhati-hati untuk tidak sembarangan login di sembarang tempat tanpa mempehitungkan aspek keamanan. Keteledoran bisa saja mengakibatkan password anda dapat diketahui oleh orang lain baik yang berpengalaman maupun yang tidak berpengalaman. Biasanya para hacker/cracker alamat email yang telah berhasil mendapatkan password dan masuk ke dalam email korban akan membaca email pribadi, menghapus email, mengganti setting, mengirim email jahat, bahkan mengganti password dan juga bisa jadi mendelete alamat email anda untuk selama-lamanya. Untuk itulah kita harus berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan password alamat e-mail kita.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga passwod kita tidak diketahui oleh orang lain :
1. Ganti passwod email anda dengan yang sulit ditebak
Hindari pemakaian password yang pendek dan merupakan kata-kata umum yang terdapat pada kamus, baik kamus bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Biasanya hacker email akan mencoba satu persatu kata-kata yang berada di kamus untuk membuka email kita. Sebaiknya menggunakan password yang terdiri dari 6 karakter atau lebih. Lebih panjang lebih baik, namun jangan sampai kita lupa dengan password kita sendiri. Kemudian selipkan atau masukkan karakter-karakter yang bukan huruf atau angka ke dalam password kita. Bisa juga dengan mengkombinasikan huruf besar dan kecil pada password.
2. Hati-hati jika membuka alamat email dari tempat umum
Jika kita membuka e-mail dari kantor, warnet, rumah teman, rumah sodara, tetangga, dan sebagainya yang bukan komputer personal kita sendiri sebaiknya kita tidak mengetik langsung passwod melalui keyboard. Terkadang orang yang kita kenal maupun tidak kenal bisa memasang dan menginstall program mata-mata yang dapat mengetahui apa saja yang anda ketik di keyboard dan mengirimkannya ke email yang telah di set. Cara mengatasinya adalah bisa dengan program maouse keyboard yang ada di windows XP atau bisa kita pasang atau bawa sendiri dari disket atau cd atau dari mouse keyboard online di internet. Cara menggunakannya adalah dengan mengklik tombol-tombol yang tersedia pada perogram tersebut yang ditujukan ke form isian password. Cara lainnya adalah dengan copy paste dari tilisan yang ada ataupun yang telah kita siapkan. Jangan lupa mengacak password tersebut agak jangan sampai terbaca dan dapat dipahami orang lain yang membacanya. Buat website atau blog sederhana yang bersisi sandi-sandi yang hanya anda yang dapat memahaminya. Lalu copy paste saja dari sandi-sandi yang akan membentuk password alamat e-mail anda.
3. Hati-hati membuka email di komputer pribadi anda
Jalankan program-program anti virus ataupun anti spyware yang sudah update tidak lebih dari 2-3 bulan. Plus jalankan selalu program firewall ketika berselancar di internet untuk memblokir koneksi-koneksi yang tidak diinginkan baik dari dalam komputer kita maupun dari luar yang biasanya bertujuan buruk kepada kita. Program set yang saya rekomendasikan adalan AVG anti virus, Ad-Aware anti spyware dan McAfee firewall. Sering-seringlah menjalankan aplikasi tersebut dengan update definition dan patch untuk mengeliminasi segala kemungkinan masuknya virus dan spyware yang tidak kita kehendaki.
4. Ganti passwod alamat email anda secara berkala
Dengan mengganti secara berkala maka akan menyulitkan orang-orang yang hendak take over email anda. Namun sekali lagi jangan sembrono sehingga lupa dengan passwod anda.
5. Bedakan password account email yang satu dengan yang lain
Mengan begitu maka apabila salah satu account email kita jatuh ke tangan hacker maka kita memiliki email cadangan yang sudah lama kita gunakan.
6. Login pada website yang benar
Lihat pada browser kita apakah alamat untuk login ke dalam email kita sudah benar. Jangan sampai kita memasukkan passwod di website yang sengaja dibuat mirip untuk menjebak kita. Pahami betul sistem path penamaan address url yang biasa kita lewati. Jika anda curiga sebaiknya jangan login dan tanyakan ke orang lain yang lebih paham.
7. Gaul dong
Rajin mencari tahu perkembangan email hacking di situs-situs atau di mailing list. Dari waktu ke waktu para hacker akan menemukan dan menyempurnakan tehnik jahatnya untuk membuat anda sengsara karena kehilangan akses masuk ke email kita.
Jika anda telah kehilangan akses untuk masuk ke dalam alamat email anda maka gunakan tehnik recovery dengan memasukkan data-data yang ditanyakan serta mengklik link-link yang diperintahkan penyedia layanan email. Jika anda lupa dengan data tersebut atau data tersebut telah dirubah oleh hacker, maka segera ucapkan bye-bye dan selamat tinggak kepada alamat email lama anda dan segera buat alamat email baru dan jangan lupa untuk belajar dari kesalahan anda.
Semoga tips ini dapat berguna bagi kita semua ?


Z. Daftar Operator Seluler dan Sambungan Tetap Wireless di Indonesia - Teknologi GSM dan CDMA


Telepon Selular Nasional :
1. PT Telkomsel
- Simpati - GSM - Pra bayar
- Kartu As - GSM - Pra bayar
- Kartu Halo - GSM - Pasca bayar
2. PT Indosat
- Mentari - GSM - Pra bayar
- IM3 Smart - GSM - Pra bayar
- IM3 Bright - GSM - Pasca bayar
- Matrix - GSM - Pasca bayar
3. PT Excelcomindo
- XL Bebas - GSM - Pra bayar
- XL Jempol - GSM - Pra bayar
- Xplore - GSM - Pasca bayar
4. PT Mobile-8
- Fren Prepaid - CDMA - Pasca bayar
- Fren Postpaid - CDMA - Pasca bayar
Telepon Tetap Wireless (Fixed Wireless Access) Nasional dengan Roaming lokal :
1. PT Telkom
- Flexi Trendy - CDMA - Pra bayar
- Flexy Classy - CDMA - Pasca bayar
2. PT Indosat
- Star One Prepaid - CDMA - Pra bayar
- Star One Postpaid - CDMA - Pasca bayar
3. PT Bakrie Telecom
- Esia Prepaid - CDMA - Pra bayar
- Esia Postpaid - CDMA - Pasca bayar

• operator telepon


A1. Tips Membeli Ponsel/HP/Handphone/PDA Second/Bekas


Bagi anda yang suka gonta-ganti HP tapi tidak dengan yang baru alias beli bekas atau second dan juga yang punya rencana suatu saat mau beli ponsel bekas sebaiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini :
1. Perhatikan Kelengkapannya
Sebisa mungkin usahakan membongkar isi ponsel tersebut. Jangan sampai isi di parts di dalamnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Perhatikan baterai, charger, dan perlengkapan lainnya. Lihat pula enginenya. Jangan sampai mesinnya diganti dengan versi lainnya. Terkadang casing yang masih bagus dapat menipu anda untuk membayar lebih dan tidak membongkar isi ponsel.
2. Tanyakan Kondisi Baterai
Tanya dengan sopan tentang kondisi baterai, apakah masih baik dan normal atau bermasalah alias bocor. Baterai yang bocor biasanya hanya bartahan satu atau dua hari dalam posisi standby dan beberapa jam saat kondisi sering digunakan. Terkadang penjual sengaja diam agar kita tidak menurunkan harga tawar.
3. Tanyakan Garansi
Jangan lupa untuk menanyakan jaminan bahwa ponsel tidak akan rusak dalam waktu singkat. Kadang ponsel second adalah hasil perbaikan dari ponsel yang rusak yang belum tentu stabil dan lengkap fungsinya. Bila tidak ada garansi maka anda dapat menurunkan harga tetapi anda akan menanggung resiko yang besar. Garansi beberapa minggu atau bulan akan lebih baik. Minta pula nomor telepon dan alamat yang dapat dihubungi. Sebelum meupun setelah anda beli sebaiknya anda test dulu semua fungsi dari ponsel atau pda tersebut, apakah berjalan dengan wajar dan normal. Segera hubungi yang menjual ketika anda menemukan kejanggalan.
4. Survey Harga
Sebaiknya anda survey dulu harga ponsel dan pda second yang berlaku saat itu. Pengetahuan anda tentang harga akan menyelamatkan anda dari membayar lebih mahal dan harga pasar. Untuk mengetahui harga anda dapat mengecek di koran atau media yang banyak memuat harga ponsel dan pda second seperti koran harian poskota dan situs http://www.ponseljakarta.com
5. Curiga
Apabila anda menawar kepada orang yang tidak anda kenal di jalan maupun di counter sebaiknya anda selalu menanamkan rasa curiga. Jangan sampai anda membeli barang hasil tindak kejahatan atau semacamnya. Jika ternyata anda membeli barang milik teman anda yang hilang maka urusannya bisa repot. Anda bisa dituduh maling oleh kawan anda sendiri.
Sekian tips ini saya buat, semoga bermanfaat bagi kita semua. Bila ada yang ingin ditambahkan atau diralat bisa kita bicarakan di forum. Thanks

• ponsel dan pda

B1. Domain Gratis cctld id .web.id Untuk Personal Warga Negara Indonesia

Saat ini kepengurusan domain tingkat negara id (indonesia) dipegang oleh pemerintah pada Departemen Kominfo. Depkominfo belum memutuskan harga untuk semua domainnya dan saat ini tidak mengenakan biaya untuk pendaftaran domain baru. Domain berakhiran .id gratis yang paling mudah didapatkan oleh perseorangan adalah domain .web.id. Cara cukup mudah dan tidak memerlukan biaya.
Untuk mendapatkan domain gratis tersebut anda diwajibkan membuat account baru pada situs registrasi cctld-id. Setelah anda membuat account anda dapat meregister domain .web.id yang anda inginkan. Kemudian siapkan dokumen pendukung seperti file image scan KTP/SIM/Paspor anda yang masih berlaku dan menguploadnya ke situs pengelola cctld-id. Setelah itu anda tinggal menunggu domain anda diaktifkan oleh pengelola.
Yang perlu diperhatikan adalah anda tidak boleh meregister domain yang mengandung unsur pornografi, kejahatan, nama kota, nama daerah, dll. Domain yang anda daftarkan tidak mengikutsertakan hosting, di mana anda harus mencari tempat menaruh file html anda yang dapat diakses orang lain sendiri. Anda bisa mendapatkan web hosting gratis yang dapat menerima domain .web.id anda di www.dd.am, www.ahbhost.com, www.arroways.com, dan masih banyak lagi lainnya.
Anda tidak hanya dapat meregister .web.id karena anda juga bisa mendaftar domain lain seperti .or.id .co.id .net.id dan lain-lain jika anda dapat memenuhi persyaratannya. Untuk mengisi Domain Name server saat pendaftaran anda dapat mananyakannya ke tempat webhosting anda. Biasanya DNS terdiri dari 2 address. Setiap web hosting memiliki DNS masing-masing yang berbeda. Untuk Name server address (NS address) anda dapat menanyakan juga di tempat hosting anda atau mengeceknya di www.dnsstuff.com secara gratis. Selamat mencoba.
Kunjungi situsnya : https://register.net.id

• internet

C1. Cara Memainkan Film DVD pada Playstation2 (PS2)

Untuk PS2 yang sudah di modifikasi atau dipasang mod chip maka untuk memainkan DVD perlu melakukan tehnik berikut ini :
- Ke mode DVD dan PSX : Saat PS2 dalam keadaan mati tekan dan tahan tombol power sampai muncul animasi di tv, tetapi tidak sampai mati (kondisi off). Ulangi bila gagal. Pada mode ini PS2 anda dapat digunakan untuk bermain game Playstation 1 dan memainkan film DVD.
- Kembali ke mode PS2 : Pada saat mati tekan dan tahan tombol power hingga mati kembali. Setelah itu hidupkan seperti biasa. PS2 akan bisa dimainkan kembali untuk game PS2.

• game

D1. Cara Setting Email Pop3 dan SMTP dari cPanel

Email pop3 dan SMTP adalah sistem email yang memungkinkan anda untuk dapat mengirim dan menerima email dari dan ke program/software/client/situs favorit anda. Pada umumnya kebanyakan orang menggunakan program microsoft outlook dan free email fetch dari yahoo. Syarat menggunakannya adalah anda sudah mensetting email account di cPanel anda dan memastikan bahwa account email tersebut sudah dibuat serta user name dan password tidak salah.
Bagi yang awam : cpanel adalah sistem konfigurasi web hosting untuk subdomain maupun domain. Di internet tersedia hosting cPanel baik yang gratis maupun yang bayar. Untuk mencari yang gratis anda dapat mencarinya di situs ini. Dengan cpanel anda dapat membuat email account dengan jumlah yang telah ditetapkan oleh reseller hosting. Bisa 0 sampai tidak terbatas. Sedangkan space email disesuaikan dari space hosting yang anda miliki.
Pada umumnya setting dari cPanel adalah sebagi berikut ini :
- Email Address : contoh ---> anda@domainanda.com
- Incoming Mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.doaminanda.com
- Outgoing (SMTP) server : mail.domainanda.com
- Account Name : anda@domainanda.com
- Password : password yang telah anda buat sebelumnya
Keterangan :
- Apabila ditanya port, maka gunakan port pop3 dan smtp standar.
- Biasanya anda dapat memilih untuk meninggalkan copy pesan yang sudah diambil atau dihapus saja di space email hosting anda.
- Seting email pop3 dan smtp dari sistem atau provider lain biasanya berbeda.

• internet

E1. Cara Mengirim SMS Gratis Mentari di Klub Mentari

Berikut ini adalah cara mengirim SMS gratis dari situs www.klub-mentari.com yang bersifat legal dan dapat diakses dan dikirim dari mana pun dan kapan pun anda mau. Anda masih dapat mengirim SMS gratis walaupun nomor anda sudah dalam masa tenggang ataupun hangus. Tetapi ketika pertama kali mendaftar kartu mentari anda harus dalam keadaan aktif atau tenggang. Apabila 10 sms gratis perhari tidak cukup anda dapat membuat multi account dengan membeli perdana mentari sebanyak-banyaknya dan mendaftarkannya ke klub mentari tanpa biaya tambahan. Ketika jatah 10 sms sudah habis maka anda dapat log out dan log in kembali dengan username yang lain.
Syarat :
- Kartu Mentari Prabayar
- Kondisi dalam masa aktif atau masa tenggang (menerima sms konfirmasi).
- Punya alamat email yang masih aktif (menerima email konfirmasi) dan anda dapat mengaksesnya (rumah, warnet, gprs, dsb).
- Ponsel anda dapat menerima sms dengan baik.
Limit pengiriman SMS :
- 10 SMS gratis Perhari
- Anda mungkin tidak dapat mengirimkan SMS gratis saat traffic sms tinggi (hari raya lebaran, natal, tahun baru, dsb)
- Tidak ada SMS report. Tes dahulu ke ponsel anda sebelum mengirim sms ke orang lain.
Cara :
- Kunjungi www.klub-mentari.com dan daftar untuk membuat account baru.
- Masukkan kode konfirmasi yang dikirim ke ponsel dan email anda untuk mengkonfirmasi account anda.
- Setelah aktif anda dapat masuk ke menu "pesan" --> "SMS Gratis" pada bagian menu atas situs.
- Selamat menikmati.
Tambahan :
- Anda dapat mengirim unlimited sms gratis dengan IM3. Cari Artikelnya di situs ini :)

• operator telepon

F1. Web Hosting Gratis Jaringan IIX di Indonesia dari Indosat I2.CO.ID

Hosting gratis di http://webhosting.i2.co.id memberikan space 5 mb untuk berbagai keperluan anda. Tetapi sayangnya hosting tersebut tidak menyertakan bahasa scripting maupun database seperti php, asp, python, perl, mysql, postgre sql dan lain sebagainya.
Namun jaringan Indosat I2.CO.ID sudah terhubungan dengan jaringan IIX atau Indonesia Internet Exchange yang dapat mempercepat akses anda maupun pengunjung situs anda berkali-kali lipat dibandingkan dengan menggunakan hosting non IIX. Tetapi tergantung juga dengan akses internet anda dan pengunjung anda, karena harus sama-sama terhubung IIX. Namun sebagian besar ISP di Indonesia sudah terhubung IIX karena dapat menghemat bandwidth yang harganya sangat mahal di Indonesia.
Dengan Space 5 MB apa yang dapat anda lakukan :
- Membuat CV
- Membuat homepage pribadi anda dan keluarga
- Picture, image dan photo storage yang bisa hotlinking untuk situs anda, avatar forum, koleksi, dll.
- Membuat website tema bebas bagi yang masih pemula.
Cara :
Kunjungi situs Indosat I2.CO.ID dan register account baru dan jangan lupa untuk konfirmasi email.
Yang tidak boleh anda lakukan : "Dilarang keras menggunakan fasilitas IM2 Web Hosting untuk menampilkan informasi, gambar ataupun materi lain yang berhubungan dengan pornografi, hacking, cracking ataupun kejahatan Internet lainnya."
Kunjungi Situs : http://webhosting.i2.co.id

• internet

G1. Program Baru Indosat Mentari - Telepon Gratis, i-Say, Tarif Flat dan i-Ring

1. Telepon Gratis Mentari Ke Indosat Saat Off peak
Adalah program yang memungkinkan pengguna kartu prabayar mentari untuk melakukan panggilan atau telpon ke operator yang sama (indosat) tanpa dikenakan biaya sepeser pun baik telepon lokal maupun interlokal/SLJJ.
Syarat :
- Pulsa Minimum 25 ribu rupiah. Jadi bagi yang baru membeli perdana diharuskan mengisi pulsa dulu.
- Berada dalam masa aktif atau tidak dalam masa tenggang atau hangus.
- Menelepon pada saat malah hari pukul 00.00 hingga 05.00 sesuai daerah masing-masing (off-peak)
- Tujuan telepon ke ponsel Mentari, Matrix dan IM3
- Menggunakan kartu prabayar mentari
- Bila tidak memenuhi syarat maka akan dikenakan tarif program ke-2 di bawah ini.
2. Telepon Tarif Flat Mentari ke Mentari dan Indosat
Adalah program yang memungkinkan pengguna kartu prabayar mentari menelepon dengan tarif yang murah sepanjang hari kecuali jika memenuhi persyaratan no-1 di atas maka tarif ini tidak berlaku.
Tarifnya adalah sebagai berikut :
- Ke sesama seluler Indosat Mentari, IM3 dan Matrix lokal dan SLJJ
Peak pukul 07.00 s/d 23.00 : Rp. 750 per 30 detik
Offpeak pukul 23.00 s/d 07.00 : Rp. 150 per 30 detik
- Ke PSTN (telepon rumah dan fwa : flexi, starone dan esia) sepanjang hari
Lokal : Rp. 450 per 30 detik
SLJJ : Rp. 1.600 per 30 detik
- Ke telepon selular lain (simpati, As, Halo, XL Bebas, XL Jempol dan Fren)
Lokal : Rp. 750 per 30 detik
SLJJ jarak kurang dari 200 km : Rp. 1.128 per 30 detik
SLJJ jarak lebih dari 200 km : Rp. 1.600 per 30 detik
3. Mentari I-Ring
Adalah fitur baru yang memungkinkan pemanggil dapat menikmati nada sambung dalam bentuk nada atau lagu yang telah kita tentukan sebelumnya.
Cara berlangganan I-Ring cukup dengan mengirim SMS ke 808 berisi SET[spasi]Kode Lagu
Untuk mengetahui lagu yang tersedia dapat melihat di situs http://i-ring.klub-mentari.com
4. Mentari i-Say
Adalah fitur Voice SMS dengan tarif flat tanpa harus menggunakan layanan maupun tarif MMS yang rumit.
Caranya anda tinggal menghubungi nomor tujuan yang disertai dengan nomor layanan 939 di depannya. Misalnya anda hendak menghubungi nomor 0815123456, maka anda harus menghubungi 9390815123456. Kemudian tinggalkan pesan dengan durasi maksimal 30 detik.
Penerima pesan akan menerima pesan SMS notifikasi dari Indosat 989 yang berisi cara mendengarkan pesan voice sms i-say gratis. Cara mendengarkan pesan baru adalah dengan menghubungi nomor 989, sedangkan untuk pesan lama adalah dengan menghubungi nomor 979.
Tarif I-say Mentari :
- Mengirim Voice SMS i-Say 939 : Rp. 500
- Menerima dan mendengarkan Voice SMS i-Say 989n dan 979 : Gratis
Keterangan :
- Program di atas tidak memiliki batas waktu atau masa berlaku program. Enjoy the party...
- Tarif sudah dikenakan pajak pertambahan nilai (PPN atau VAT)
- Hanya Berlaku Bagi Kartu Prabayar Mentari
- GPRS belum tersedia untuk selular Mentari

• operator telepon

H1. Cara Shut Down atau Mematikan Komputer PC anda Tanpa Menyentuh Mouse.

Cara umum yang digunakan untuk mematikan komputer adalah dengan menekan tombol start dan kemudian Shut down, namum terdapat cara lain yang dapat digunakan untuk mematikan atau shut down komputer anda.
Cara yang pertama adalah dengan menekan tombol power pada keyboard anda. Pastikan di keyboard anda terdapat tombol tersebut. Biasanya pada keyboard baru sudah dilengkapi dengan tombol powernya. Namun apabila ada tombol powernya tidak menjamin pc anda dapat dimatikan dengan tombol tersebut.
Cara yang kedua adalah dengan cara menekan tombol windows (biasanya bergambar logo windows) kemudian diikuti dengan memencet tombol arah ke atas sampai ke pilihan shut down lalu enter dan pilih shut down dan tekan enter lagi.
Sedangkan cara yang terakhir adalah dengan cara menekan tombol Alt+F4 pada layar desktop untuk mengaktifkan menu shut down di pc anda, lalu pilih fungsi yang anda inginkan.

• komputer pc

Tidak ada komentar: